Kiprah IDI sangat diperlukan

Pembangunan kesehatan masyarakat sangat memerlukan peran aktif dari seluruh pihak. Kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti faktor genetik, faktor lingkungan, faktor pelayanan kesehatan dan perilaku. Para dokter sebagai salah satu komponen dari pelayanan kesehatan memberikan andil dalam meningkatkan derajat kesehatan.
Ikatan profesi sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh dokter patut menunjukkan perannya dalam membantu proses pembangunan kesehatan masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Sudah selayaknya sebagai organisasi profesi yang sudah berusia lebih dari seratus tahun, Ikatan Dokter Indonesia dapat memberikan kontribusinya selain dalam pelayanan kesehatan, juga dalam aspek-aspek pembangunan kesehatan lainnya seperti terlibat aktif dalam penyusunan peraturan daerah yang berhubungan dengan masalah kesehatan, baik dari aspek teknis maupun dari aspek penganggarannya.
Sejauh ini keterlibatan IDI Cabang Kapuas dalam masalah perencanaan pembangunan kesehatan masih sangat lemah, diharapkan pada masa-masa mendatang peran ini dapat diperbaiki lagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sertifikat Kompetensi Dokter Layanan Primer

Dokter Puskesmas se-Kabupaten Kapuas per 17 September 2020

Hotline Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia